Jumat, 14 Oktober 2011

lalu lintas merayap

Jakarta dikenal sebagai ibukota metropolitan, banyak masyarakat desa yang menyambung hidup di kehidupan kota Jakarta, namun yang terjadi ialah selain lapangan pekerjaan yang semakin sedikit terjadi pula kemacetan lalu lintas.
Ada tiga komponen terjadinya lalu lintas yaitu manusia sebagai pengguna, kendaraan dan jalan yang saling berinteraksi dalam pergerakan kendaraan yang memenuhi persyaratan kelaikan dikemudikan oleh pengemudi mengikuti aturan lalu lintas yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundangan yang menyangkut lalu lintas dan angkutan jalan melalui jalan yang memenuhi persyaratan geometrik.

Manusia sebagai pengguna dapat berperan sebagai pengemudi atau pejalan kaki yang dalam keadaan normal mempunyai kemampuan dan kesiagaan yang berbeda-beda (waktu reaksi, konsentrasi dll). Perbedaan-perbedaan tersebut masih dipengaruhi oleh keadaan phisik dan psykologi, umur serta jenis kelamin dan pengaruh-pengaruh luar seperti cuaca, penerangan/lampu jalan dan tata ruang.




Kecelakaan lalulintas terjadi dalam bebebrapa faktor. seperti faktor cuaca, jalan, kendaraan, dan faktor manusia sendiri. faltor cuaca misalnya saat hujan lebat pengguna kendaraan tetap menggunakan jalan untuk mencapai tujuannya. akhirnya karena pengguna tersebut tidak dapat melihat jalan akhirnya terjadilah kecelakaan, yang kedua, faktor jalan, kecelakaan bisa terjadi karena faktor jalan yang tidak layak seperti jalanan brusak dan banyak lubang. yang ketiga adalah kendaraan, kecelakaan bisa terjadi karena kendaraan pengguna kondisinya kurang sehat, dan yang terakhir adalah faktor pda manusia nya sendiri. itu terjadi karna ulah manusia sendiri yang ugal-ugalan dijalan uyang menyebabkan kecelakaan manusia.

Ini sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain. sebaiknya gunakanlah fasilitas jalan raya yang baik dan benar serta taatilah peraturan lalu lintas.

1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus